ADVETORIALBOALEMODAERAH

Deklarasi ODF, Sutriyani Lumula Genjot Boalemo Menuju Wilayah Sehat

BOALEMO, Goinfo.id — Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, dibawah kepemimpinan Sutriyani Lumula, S.ST., M.Kes., terus berupaya mewujudkan Kabupaten Boalemo, menjadi Kabupaten yang sehat.

Hal itu dibuktikan dengan penggenjotan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Boalemo, yang pada Senin (31/07/2023) mendeklarasikan Kecamatan Sehat di Paguyaman, dan pada Selasa (01/08/2023) melakukan Deklarasi ODF di 3 Desa yang ada di Kecamatan Botumoito.

Pendeklarasian ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Boalemo dalam meningkatkan kualitas sanitasi dan kesehatan masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani Lumula, S.ST., M.Kes., saat diwawancarai Media Goinfo.id

Sebelumnya, evaluasi akhir ODF di Botumoito menunjukkan angka 44 persen. Namun, berkat upaya yang dilakukan, setelah melakukan deklarasi di tiga Desa, persentase tersebut berhasil meningkat menjadi 72 persen.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan angka tersebut hingga mencapai 100 persen pada bulan Oktober mendatang, sehingga Kecamatan Botumoito dapat menjadi Kecamatan Sehat yang diakui di Kabupaten Boalemo,”ujarnya.

Sutriyani menambahkan bahwa pihaknya memiliki target untuk mendeklarasikan lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai Kabupaten sehat pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024.

“Semoga dengan deklarasi lima pilar STBM pada akhir tahun 2023 atau pada awal 2024, Pemerintah Kabupaten Boalemo berharap mendapatkan sertifikasi Suastisaba dari Kementerian Kesehatan,”ungkapnya.

Upaya yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Semoga dengan terus mendorong program-program kesehatan yang berkelanjutan, Boalemo dapat menjadi contoh bagi wilayah lain dalam mencapai status wilayah yang sehat dan berkelanjutan. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button