ADVETORIALDAERAH

Menuju Gorontalo 1 Data, KKN-T Desa Piloliyanga Usung 3 Program Utama

BOALEMO, Goinfo.id — Pada tahun 2022 Universitas Negeri Gorontalo, kembali melaksanakan Program Pengabdian Pada Masyarakat yang salah satu diantaranya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Jumlah kelompok KKN UNG yang diturunkan untuk tahun 2022 sebanyak 104 Kelompok, dan salah satu diantaranya yang ada di Kabupaten Boalemo, Kecamatan Tilamuta adalah Desa Piloliyanga dengan jumlah mahasiswa sebanyak 12 orang.

Mahasiswa Peserta KKN-T Universitas Negeri Gorontalo yang ditugaskan di Desa Piloliyanga Kecamatan Tilamuta, didampingi oleh Ibu Dr. Hj. Heldy Vanni Alam, S.Pd.,M.Si., dan Bapak Dr. Zainal Abidin Umar, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing Lapanga (DPL).

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan program pemberdayaan mahasiswa dan masyarakat yang secara rutin dilaksanakan oleh Universitas Negeri Gorontalo. Saat ini, program tersebut kembali ada dengan lebih memprioritaskan pada desa yang berada di wilayah Teluk Tomini.

Hal ini disampaikan, Dosen Pembimbing Lapangan, KKN-Tematik, Universitas Negri Gorontalo, Dr. Hj. Heldy Vanni Alam, S.Pd.,M.Si., kepada media ini, Rabu (09/11/2022).

“Selama 45 hari, sejak tanggal 4 Oktober-18 November, 12 Mahasiswa UNG melakukan KKN-Tematik di Desa Piloliyanga,”jelasnya.

Heldy, sapaan akrabnya mengatakan Tema yang diangkat dalam program KKN-Tematik UNG yang ada di Desa Piloliyanga adalah “Pendampingan Sosialisasi dan implementasi Program Desa Cinta Statistik (Si Cantik)”,ujar dia.

“Untuk tema yang diambil dalam KKN-T UNG yang ada di Desa piloliyanga ini menurut saya hal yang sangat patut untuk di prioritaskan mengingat Desa Piloliyanga merupakan salah satu dari 100 Desa se Indonesia oleh BPS yang menjadi Pilot Project sejak tahun 2021,”ungkap Putra Daerah Boalemo ini.

Tak sampai disitu, Heldy Vanni Alam Moridu, yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Boalemo itu membeberkan ada 3 kegiatan utama yang menjadi program prioritas yang wajib dilaksanakan di Desa.

1). Sosialisasi dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Gorontalo Satu Data kepada Aparatur Desa dan Pengurus Karang Taruna desa Piloliyanga.

2). Melaksanakan pendataan dan penginputan langsung ke aplikasi data kepala keluarga yang menjadi sasaran di semua dusun.

3). Pembentukan Kelompok Pemuda Cinta Statistik.

Tak hanya itu, dirinya juga menuturkan, para Mahasiswanya yang sedang melaksanakan KKN-Tematik di Desa Piloliyanga, selain menjalankan 3 program prioritas tersebut, mereka juga membatu Pemdes melakukan penginputan Data SDG’s Desa serta Program tambahan lainnya seperti kegiatan olahraga dan kesenian.

“Alhamdulillah, saat ini capaian akhir pelaksanaan KKN-T Desa Piloliyanga untuk 2 kegiatan utama telah mencapai 100 persen dan masih 1 kegiatan lagi yang masih dirampungkan pekan ini. “Tandas Istri Dari Sekda Boalemo. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button