DAERAHSULUT

Pelantikan Jabatan Dirut PDAM Bolmong Tuai Polemik

GOINFO.ID,BOLMONG – Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit pada Selasa 16 April 2024 menggelar pengambilan sumpah kepada Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Bolmong (Sulut).

Pelantikan serta pengambilan sumpah tersebut di Pimpin oleh Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, kepada Herman Kembuan SE, sebagai Dirut PDAM yang baru, menggantikan pelaksana tugas Frida Poluan, yang akan masuk masa pensiun.

Namun, Proses penjaringan dan seleksi pengangkatan Dirut di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bolaang Mongondow periode 2024-2029 diduga ada kejanggalan sehingga persoalan ini termasuk pada agenda rapat Pansus DPRD Bolmong.

Tahapan penjaringan dan seleksi pengangkatan Direksi PDAM secara terbuka tersebut sejak awal sudah menuai pro dan kontra di tengah masyarakat.

Pasalnya Perbup Bupati Bolmong tentang pengangkatan Direksi PDAM diduga bermasalah. Warga menilai ada dugaan tahapan seleksi oleh Badan Pengawas PDAM hanya formalitas saja untuk meloloskan salah satu Calon Direksi.

Terbukti regulasi pengangkatan Direksi yang tertuang pada Peraturan Bupati Bolmong Nomor 13 Tahun 2020 tidak sinkron dengan regulasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2007 tentang batas usia Direksi.

Pada pasal 3 Permendagri Nomor 2 2007 batas usia Direksi paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun sedangkan bunyi asal pasal 5 pada Perbup Bolmong Nomor 13 Tahun 2020 batas usia Direksi paling rendah 35 tahun dan maksimal 56 tahun.

Warga masyarakat berharap siapapun yang dipilih menjadi Dirut PDAM benar benar mencerminkan gambaran bagaimana keseriusan Bupati Bolmong untuk membenahi manajemen PDAM.

Namun meski tahapan seleksi sempat menjadi sorotan warga masyarakat Bolmong. Tetap saja, Proses perekrutan Jabatan Direksi PDAM Bolmong diduga hanya formalitas saja dan terindikasi hanya meloloskan oknum saja.

Bahkan pelantikan jabatan Direksi PDAM Bolmong masuk pembahasan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Bolmong yang sudah berlangsung beberapa hari lalu

“Iya benar, Saat ini DPRD Bolmong sedang menggelar Rapat Pansus LKPJ Bupati Bolmong tahun 2024 salah satunya membahas soal Penjaringan Jabatan Direksi PDAM Bolmong, ” Ujar anggota Pansus DPRD Bolmong.

Bahkan menurutnya Rapat Pansus DPRD terkait penjaringan Jabatan Direksi PDAM Bolmong ini pihaknya akan memanggil Panitia seleksi (Pansel) untuk mintai keterangan.(As)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button