ADVETORIALBOALEMODAERAH

Hadapi Tantangan Sosial di Boalemo, Ketua TP.PKK Luncurkan Program SOTH

BOALEMO, goinfo.id — Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Boalemo, Ny. Dr. Hj. Heldy Vanni Alam Moridu, S.Pd., M.Si., telah memulai langkah nyata untuk mengatasi berbagai tantangan sosial yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo.

Dengan latar belakang sebagai seorang dosen di salah satu perguruan tinggi ternama di Gorontalo, Ny. Dr. Heldy Vanni Alam Moridu, memperkenalkan program inovatif bernama Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

SOTH lahir dari keprihatinan Ny. Heldy Vanni Alam Moridu terhadap masalah-masalah serius yang tengah dihadapi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo. 

Tingginya angka stunting, kemiskinan ekstrem, dan tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak menjadi sorotan utama dalam kebijakan sosialnya.

Dirinya mengatakan pada awal tahun 2024, di Kabupaten Boalemo sudah tercatat ada kasus pencabulan terhadap perempuan, dan ini yang perlu kita cegah.

“Program SOTH bertujuan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah tersebut dengan melibatkan peran orang tua sebagai agen perubahan. Melalui serangkaian kegiatan dan pelatihan, SOTH memberikan pendekatan holistik untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan orang tua dalam mendidik anak-anak mereka”ungkapnya.

Ny. Heldy menjelaskan bahwa program SOTH bukan hanya menyentuh aspek pengasuhan dan kehidupan berumah tangga, tetapi juga mengintegrasikan program kewirausahaan. 

Dikatakan Heldy, sapaan akrabnya, orang tua muda yang belum siap untuk berkeluarga akan mendapatkan bekal penting melalui program ini. 

“Sekolah Orang Tua Hebat ini akan menjadi wadah bagi para orang tua muda untuk memahami konsep pengasuhan dan kehidupan berumah tangga, yang tidak diperoleh melalui bangku sekolah formal,” ujar Ny. Heldy.

Tak sampai disitu, dirinya menambahkan peserta program SOTH akan mendapatkan pembelajaran intensif selama 3 bulan. Program ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga memberikan keterampilan praktis yang dapat meningkatkan kemandirian. Ny. Heldy optimis bahwa setelah mengikuti SOTH, para orang tua hebat ini dapat mandiri dan memiliki keterampilan untuk menciptakan peluang pekerjaan.

Ny. Heldy Vanni Alam Moridu berharap bahwa SOTH dapat menjadi tonggak penting dalam membangun komunitas yang lebih kuat, sehat, dan aman di Kabupaten Boalemo. 

“Dengan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga terkait, diharapkan dapat diciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak-anak secara optimal dan mengurangi angka stunting, kemiskinan ekstrem, serta kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah  Kabupaten Boalemo,”Tandasnya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button