BOALEMODAERAH

Bupati Sherman Dorong Peningkatan Pemanfaatan Produk Lokal melalui Bimtek SIRUP

GORONTALO, goinfo.id — Penjabat Bupati Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd., MM., membuka Bimbingan Teknis Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) dan Peningkataka  Penggunaan Produk Dalam Negri (P3DN).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, tersebut berlangsung di Hote Damhil Kota Gorontalo, Minggu (28/01/2024).

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd., MM., mengatakan kegiatan Sirup ini penting dilaksanakan dikarenakan ini memiliki peran penting dalam setiap perencaan kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Bimtek sirup ini sangat penting dilaksanakan karena perencanaan dalam pengadaan barang dan jasa merupakan langkah awal yang akan dilakukan untuk pengadaan barang dan jasa yang ada dilingkungan Pemda Boalemo, lebih khususnya dilingkungan Dinas Kesehatan Boalemo”ucapnya.

Dikatakan Sherman, Aplikasi sirup ini merupakan Aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai sarana atau alat untuk mengumumkan rencana umum pengadaan.

“Adapun manfaat penggunaan aplikasi Sirup adalah, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, mendukung proses monitoring dan audit, serta memperbaiki tingkat efesiensi proses pengadaan.”ucapnya.

Tak hanya itu, Sherman Moridu menjelaskan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah menjadi fokus utama, dengan Presiden Jokowi memberikan instruksi yang jelas. 

“Instruksi tersebut mencakup menetapkan atau mengubah kebijakan perundang-undangan untuk mempercepat peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan memberdayakan usaha mikro, kecil, dan koperasi”ungkapnya.

“Presiden Jokowi juga menegaskan merencanakan, mengalokasikan, dan merealisasikan paling sedikit 40 persen nilai anggaran belanja barang dan jasa untuk menggunakan produk dari usaha mikro, kecil, dan koperasi hasil produksi dalam negeri”sambung Sherman.

Terakhir orang nomor satu di Boalemo, tersebut berharap dengan adanya bimtek Sirup dan P3DN ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan dukungan yang kuat bagi sektor usaha mikro dan kecil di Boalemo. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button