DAERAH

Sebanyak 229 Personel Bintara Baru Polda Gorontalo Resmi Dilantik

GORONTALO, goinfo.id — Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo, Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M melantik 229 siswa menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dari pembentukan Bintara Polri, yang dilaksanakan selama 5 bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Gorontalo. Kamis (21/12).

“Dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat bintara dan tamtama sebanyak 15.419 orang, jumlah ini terdiri dari 14.771 Polisi laki-laki dan 648 Polisi Wanita, jumlah tersebut terbagi ke dalam 13.226 bintara Polisi tugas umum, 500 bintara Brimob, 100 bintara Polair, 1.497 tamtama Brimob dan 96 tamtama Polair.” ujar Kapolda Gorontalo saat membacakan amanat Kalemdiklat Polri di lapangan upacara SPN Polda Gorontalo.

Mulai hari ini, pada diri saudara telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara. Setiap sikap, tutur kata dan perilaku akan menjadi tauladan bagi masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada bintara dan tamtama yang telah barhasil menyelesaikan seluruh rangkai pendidikan pembentukan selama 5 (Lima) bulan di lembaga pendidikan Polri dengan baik, sehingga menghantarkan saudara untuk dilantik menjadi anggota Polri, dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua dan Bhayangkara Dua.” tambahnya.

Orang nomor satu di Polda Gorontalo ini juga menyampaikan bahwa tugas Polri kedepan akan semakin berat dan kompleks, kondisi ini dipengaruhi oleh dinamika Politik menjelang penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 yang pentahapannya sudah mulai pada tahun ini, kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada situasi Kamtibmas di seluruh wilayah Indonesia.

“Menyikapi hal ini, Polri dituntut untuk melakukan langkah Proaktif, melalui berbagi upaya Preemtif, Preventif, maupun penegakan hukum, sehingga Kamtibmas dapat terus terjaga, serta masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas kehidupannya sehari-hari.” Ucapnya.

Pada kesempatan ini, sebagai bekal saudara dalam melaksanakan tugas pengabdian, saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan.

“Tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, pegang teguh dan amalkan nilai Tribrata dan Catur Prasetya, pahami dengan baik laksanakan tugas yang diemban, terus bekali kemampuan saudara dengan belajar, senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga dan institusi, bagun komunikasi positif dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan TNI, Pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif.” terangnya

Diakhir sambutan, Kapolda mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada KA SPN, beserta seluruh staf, pengasuh, instruktur, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan.

“Saya mengucapkan terima kasih juga pada TNI, Pemerintah daerah, dan para tokoh masyarakat, karena memberikan perhatian, dukungan dan kontribusi terbaik bagi terselenggarannya Diktuk Bintara dan Tamtama gelombang II tahun anggaran 2023, sehingga dapat terlaksananya dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang diharapkan.” Tutup Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button