ADVETORIALBOALEMO

Turunkan AKI, AKB dan Stunting Dinkes dan Dokter Kandungan Road Show ke Seluruh PKM

BOALEMO, Goinfo.id — Dinas Kesehatan Kab. Boalemo melalui Seksi KIA dan Gizi Masyarakat melakukan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil oleh Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan di 11 Puskesmas Se-Kab. Boalemo.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Boalemo, melalui Kabid Kesmas dr. Roni H Imran menuturkan bahwa Kegiatan telah dilaksanakan mulai Selasa, (07/03) dan hari ini Rabu, (15/03/2023) pelaksanaan terakhir bertempat di Puskesmas Saritani.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan secara promotif preventif serta mendekatkan akses layanan dan deteksi dini status kesehatan ibu hamil,”ucapnya.

Dikatakan dr. Roni, dalam kegiatan ini ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk pemeriksaan USG gratis oleh dokter spesialis Kandungan & Kebidanan RSUD Tani & Nelayan, dr. Beny Surya Moningka, Sp.OG.

“Terkait implementasi Transformasi Layanan Kesehatan primer di Puskesmas, kami berupaya semaksimal mungkin menerapkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, Pelayanan Kontrasepsi, dan Pelayanan Kesehatan Seksual,”jelasnya.

“Dalam Permenkes tersebut mengatur mengenai pelayanan kesehatan masa hamil dilakukan paling sedikit 6 kali meliputi, 1 kali pemeriksaan pada trimester pertama, 2 kali pada trimester kedua, dan 3 kali pada trimester ketiga.
Dengan pemeriksaan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan kewenangan dan paling sedikit 2 kali oleh dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan pada trimester pertama dan ketiga,”sambung Mantan Ketua IDI Boalemo.

Tak sampai disitu, dr. Roni Imran, berharap dengan adanya pelayanan ini bisa mencegah kasus kematian Ibu dan Bayi.

“Semoga dengan adanya pelayanan yang diberikan kepada para ibu hamil, dapat mencegah kasus kematian Ibu, Bayi dan Balita serta akan menekan angka Stunting yang ada di Kabupaten Boalemo,”pungkasnya.

Sementara itu Fatma, salah seorang Ibu Hamil yang ada di Saritani mengungkapkan merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan secara gratis yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini. dekat rumah, gratis, dan merasa aman karena kesehatan anak saya sudah terdeteksi sejak dini”ungkapnya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button