BOALEMODAERAH

Bebas Frambusia Sejak 2007, Dinkes Boalemo Terima Penghargaan Dari Kemenkes

BOALEMO, Goinfo.id Telah memenuhi syarat dan penilaian dari Kementerian Kesehata RI, kembali Kabupaten Boalemo berhasil meraih penghargaan ditingkat Nasional.

Kali ini, penghargaan yang diperoleh Kabupaten Boalemo, dari Kementerian Kesehatan sebagai Kabupaten Bebas Frambusia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Mentri Kesehatan yang didampingi oleh Dirjen P2P, kepada Pemerintah Daerah yakni Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Hendriwan, M.Si., pada peringatan hari Neglected Tropical Diseases yang berlangsung di Kralatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Selasa (21/02/2023).

Alhamdulillah, pada hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo bersama 103 Kabupaten/Kota se-Indonesia menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan.

Hal ini disampaikan Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Hendriwan, M.Si., melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo,Hj. Sutriyani Lumula, SST.,M.Kes.

Dikatakan Sutriyani, penghargaan yang diraih Kabupaten Boalemo karena sudah tidak ditemukan kasus frambusia baru berdasarkan surveilans berkinerja baik.

“Penghargaan ini kami terima karena Kabupaten Boalemo tidak ditemukan kasus frambusia baru berdasarkan Surveilans berkinerja baik, yang kedua rekomendasi Provinsi setelah melakukan sertifikasi Frambusia, yang ketiga assessment time sertifikasi pusat sehingga menghasilkan pertimbangan Kabupaten Boalemo bebas frambusia,”ungkapnya.

Dijelaskan Ses Sutri, sapaan akrabnya Frambusia ini merupakan penyakit kulit menular kronis, alhamdulillah berkat upaya maksimal yang dilakukan penyakit kronis ini sudah jarang muncul.

“Frambusia merupakan penyakit kulit menular kronis. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan disebabkan oleh kuman protenema parteneu. Namun berkat upaya maksimal yang dilakukan, sejauh ini penyakit tersebut sudah jarang muncul. Bahkan, sejak tahun 2007 tidak ditemukan lagi kasus frambusia di Kabupaten Boalemo,”ungkap Kadinkes yang banyak meraih penghargaan. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button