KESEHATAN

6 Strategi Gaya Hidup untuk Menghindari Kanker

TOPIK, Goinfo.id Kanker merupakan salah satu penyakit genetik yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak dapat terkendali. Penyakit kanker dapat muncul dimana saja pada anggota tubuh manusia. Ada lebih dari 100 jenis penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker otak, kanker prostat, kanker paru-paru, dan masih banyak lainnya. Pertumbuhan sel yang abnormal hingga membentuk sebuah jaringan, disebut tumor. Ada dua jenis kanker, yaitu kanker yang berbahaya dan kanker jinak (tumor). Lalu, bagaimana cara menghindari penyakit kanker?

Saat ini diketahui bahwa kasus kanker baru di Indonesia berdasarkan data Globocan 2020 sebanyak 396.914 kasus baru yang didominasi oleh kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker lever. Dengan demikian, penting bagi kita untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat untuk meminimalisir potensi terserang penyakit kanker.

Tips Mencegah Kanker

Berikut ini adalah beberapa strategi gaya hidup yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah kanker, diantaranya adalah:

  1. Menjaga berat badan agar tetap sehat dan ideal

  2. Aktif melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, agar tubuh tetap bugar.

  3. Lakukan pemeriksaan berkala ke fasilitas kesehatan terdekat.

  4. Kurangi konsumsi sodium/garam

  5. Kurangi konsumsi makanan/minuman manis

  6. Hindari makanan yang diasap atau dibakar.

Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam nyawa penderitanya. Namun demikian, dengan mengetahui beberapa tips mencegah kanker di atas, dapat menurunkan potensi risiko masyarakat dari penyakit kanker.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ketika mengalami gejala penyakit kanker untuk mendapatkan penanganan segera dari petugas kesehatan.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button