BOALEMODAERAH

Teken MoU Dengan Donggola, Sekda: Ini Kita Lakukan Demi Internal Boalemo

BOALEMO, Goinfo.id — Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo menghadiri penutupan rangkaian kegiatan I Look Boalemo Mart And Festival, Minggu (13/02/2022).

Saat diwawancarai awak media, Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu,S.Pd,MM., mengatakan kegiatan I Look Boalemo yang digelar ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Boalemo.

“Alhamdulillah sejak dicanangkan I Look Boalemo Mart And Festival di bulan Januari kemarin sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM yang ada di alun-alun Tilamuta karena dapat memulihkan ekonomi para pedagang di lokasi tersebut,”ucapnya.

Tak hanya dicanangkan, tetapi kata Sekda di pelaksanaan I Look Boalemo Mart And Festival ini menampilkan berbagai macam budaya Gorontalo yang hampir punah.

“Mulai dari membunyikan 1000 pentongan ditandai dengan dicanangkan I Look Boalemo. Dulu sebelum ada pengeras suara, Pentongan sebagai alat mengundang masyarakat untuk bergotong royong, dengan dibunyikan Pentongan akhirnya anak-anak kita mengetahui guna alat tradisional yang hampir punah tersebut,”ujarnya.

“Pada pelaksanaan I Look ini kita mengangkat program Gubernur Gorontalo untuk melestarikan Budaya asli Daerah, mengisinya dengan lomba Senayang (Senam Goyang Tolotidi) yang didalamnya terdapat tarian dan lagu Adat Gorontalo yang juga hampir punah bahkan ada yang belum mengetahui lagu tersebut,”jelasnya.

Sherman melanjutkan, kegiatan I Look Boalemo ini sangat luar biasa karena menghadirkan Daerah tetangga yang berasal dari Sulutenggo.

“Pelaksanaan kegiatan ini sangat luar biasa, karena mendapat dukungan dari Daerah Tetangga yang berasal dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Provinsi Gorontalo. Dukungan itu mereka tunjukan saat menghadiri pembukaan hingga penutupan rangkaian kegiatan I Look Boalemo. Sulawesi tengah sendiri mengirimkan 130 personil lengkap dengan kesenian,”ujarnya.

“Dari 130 Personel yang berasal dari Sulawesi tengah yaitu Kabupaten Parigi Moutong yang menampilkan Marching Band dan juga Karnaval Budaya Tomini Fashion yang sudah tampil di Negara Rusia dan di Internal Republik Indonesia,”sambungnya.

Untuk Kabupaten Donggala Sendiri kata Sherman ada sekitar 80 orang yang menghadiri kegiatan ini yang dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Donggala.

“Untuk Kabupaten Donggala sendiri kita tindak lanjuti dengan melakukan MoU. Kerjasama ini kita lakukan untuk meningkatkan ekonomi, semoga kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Boalemo dengan Pemerintah Donggala berlangsung dengan baik”ungkapnya.

Terkahir dirinya menuturkan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Boalemo dengan Pemerintah Donggala ini demi internal Kabupaten yang kita cintai ini.

“Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi agar internal Boalemo tidak terikat secara administratif lagi di Daerah ini, tapi bagaimana produk-produk yang dihasilkan oleh internal Boalemo bisa terjual sampai ke Daerah tetangga,”beber Sekda. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button