DAERAH

Sarasehan Upaya Perpustakaan Pusat Unugo Bangun Budaya Literasi

GORONTALO, Goinfo.id — Sarasehan Nasional telah digelar oleh Perpustakaan Pusat Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo. Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk terus membangun budaya literasi yang ada di Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo. Pantauan tim media berkoordinasi dengan panitia pelaksana, ada sekitar 187 orang yang sempat melakukan registrasi pada acara tersebut.

Sarasehan seperti ini, sudah kali ketiga dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan Pusat UNUGO. Di awal pelaksanaan hanya mengirimkan perwakilan prodi. Tahun kedua mulai dibuatkan di masing-masing fakultas, dan malam ini tanggal 10 Januari 2023 kami buatkan dalam skala universitas. Alhamdulillah setiap tahun terus ditingkatkan.

Pemateri yang dihadirkan adalah pemateri Nasional, yakni Darmawati Majid dan Mohamad Irata.

Darmawati Majid, Emerging Writer Ubud Writers and Readers Festival 2018, menulis cerpen dan esai, tulisan-tulisannya terbit di sejumlah koran, majalah, dan jurnal. Kumpulan cerpennya yang berjudul Ketika Saatnya dan Kisah-kisah lainnya diterbitkan Comma Books_KPG pada 2019.

Cerpennya yang berjudul Legacy terpilih untuk diterbitkan dalam antologi cerpen se-Asia Pasifik, Afrika, dan Amerika Latin: Harvest Moon, untuk Kampanye Perubahan Iklim yang digagas oleh Agam International dan Institute for Climate and Sustainable Cities. Cerpennya yang berjudul Tahun Badut termuat dalam Antologi Berita Kehilangan yang digagas Kontras, proyek “MerawatIngatan” untuk para korban penghilangan paksa dan korban HAM.

Muhammad irata, itu hanya nama pena, nama aslinya yaitu Irfandi Ontalu, TTL: Gorontalo, 3 Juni 1986, Pendidikan terakhir D1 STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional) Jogjakarta, Organisasi : FLP (Forum Lingkar Pena), Pekerjaan : PNS, Ghost writer dan pengusaha, Pengalaman dalam dunia literasi : 2010 Pemenang karya favorit tingkat Nasional, 2015 Novel Diantara 2 sujud, 2016 dan 2018 Pemenang pertama Lomba Cerpen tingkat Provinsi,, 2019 Novel Bumi Surga (Nomine IBF 2020), Trainer penulis ditingkat SMP-SMA-Universitas se Provinsi Gorontalo.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 UNUGO Bapak Muchlis Huntua. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pemateri Nasional dan UPT Perpustakaan Pusat UNUGO.

“Kegiatan seperti ini, kalau bisa kita buatkan 2 kali dalam sebulan. Agar semangat literasi tetap terjaga. Sehingga harapan untuk unggul dalam Riset seperti visi misi universitas akan lebih mengakar lagi,”jelas wakil Rektor 1 UNUGO dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan Pusat UNUGO, Rian Kadir, menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari Perpustakaan Unugo.

“Sarasehan ini adalah salah satu program unggulan kami di Perpustakaan. Kami coba merancang sebuah model perpustakaan dengan konsep berbeda. Perpustakaan UNUGO bukan hanya sekadar tempat membaca, melainkan juga untuk berbincang dengan para Pakar, atau bahkan yang lainnya seperti minuman kopi, beli sovenir Gorontalo berupa kopiah Karanji, servis HP, datang bercerita, maupun tidur sejenak karena rutinitas kampus yang begitu padat. Bahkan kami sudah komunikasikan dengan Pak Rektor bahwa Perpustakaan Pusat UNUGO akan membuka sudut UMKM, untuk membantu para pelaku UMKM di Gorontalo. Saya sangat yakin ini akan bisa meningkatkan minat baca yang katanya di Gorontalo juga cukup rendah. Kami sementara membangun mindset bahwa apapun yang dibutuhkan mahasiswa, semua ada di perpustakaan. Sehingga Perpustakaan akan selalu menjadi pilihan utama bagi mahasiswa UNUGO,”Bebernya (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button