BOALEMODAERAH

Panen Padi Inpari IR Nutri Zinc, Penjabup Harap Petani Pertahankan Kualitas

BOALEMO, Goinfo.id — Inpari IR Nutri Zinc  adalah varietas padi sawah (pertama di Indonesia) yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (± 25%) daripada varietas yang lain. Dilepas pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No. 168/HK.540/C/01/2019.  Karena kandungan Zn yang tinggi,  Inpari IR Nutri Zinc berpotensi mencegah terjadinya stunting.

Stunting merupakan kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya. Stunting dapat dicegah dengan mengkonsumsi pangan bergizi, diantaranya beras yang mengandung Zinc tinggi seperti Inpari IR Nutri Zinc.

Di Kabupaten Boalemo, Inpari IR Nutri Zinc sudah dilakukan penanaman sejak beberapa bulan yang lalu sehingga pada hari ini, Senin (05/12/2022) padi tersebut sudah di panen.

Kegiatan panen bersama perbanyak benih padi Inpari IR Nutri Zinc kerjasama  Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Tekhnologi Pertanian (BPTP) Gorontalo dengan Direktorat Jendral Tanaman Pajak berlangsung di Desa Permata, Kecamatan Paguyaman, yang dihadiri langsung oleh Pj Bupati Boalemo, Dr. Hendriwan, M.Si.

Padi varietas inpari IR Nutri Zinc merupakan program Pemerintah pusat melalui kementerian pertanian, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi krisis dunia yang di akibatkan perang rusia dan Ukraina.

Hal ini disampaikan Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Hendriwan, M.Si., pada saat memberikan sambutannya.

Kata Hendriwan, penanaman padi yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (± 25%) dari pada varietas yang lain dilakukan Pemerintah untuk mengantisipasi krisis ekonomi yang akan dihadapi.

“Pemerintah Pusat menyediakan padi Inpari IR Nutri Zinc yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (± 25%) daripada varietas yang lain untuk mengantisipasi krisis ekonomi yang akan kita hadapi tahun 2023 nanti,”jelasnya.

Tak sampai disitu, dirinya berharap kepada para petani padi agar dapat mempertahankan padi yang kualitasnya lebih tinggi dibandingkan padi yang lainnya.

“Saya sangat bangga dengan para petani yang ada di Kabupaten Boalemo yang masih bersinergi di dalam sektor pertanian. Oleh saya beerharap kepada para petani agar dapat mempertahankan komoditas padi varietas Inpari IR Nutri Zinc,”Tandasnya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button