ADVETORIALDAERAH

Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Kapolda Gorontalo Pimpin Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata

GORONTALO, Goinfo.id Gelar Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata dalam rangka Tradisi Peringatan Hari Bhayangkara ke-76. Dalam upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si, M.M. Rabu (22/06/2022)

Upacara yang digelar di Aula Titinepo Polda Gorontalo ini dihadiri Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, MH, para Pejabat Utama Polda Gorontalo serta perwakilan Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara dan ASN Polri Polda Gorontalo dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Tradisi pencucian Pataka tersebut dilakukan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Bahayangkara yang jatuh pada setiap 1 Juli.

Upacara pencucian dilakukan oleh 3 petugas berpakaian seragam putih. Satu orang yang berada di tengah bertugas membawa pataka ke hadapan pemimpin upacara. Setelah itu, petugas pembawa panji pataka berlutut di depan pemimpin upacara. Selanjutnya, pataka dicuci dengan cara dibasuh secara perlahan oleh pemimpin upacara.

Kapolda Gorontalo melalui Kabidhumas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono SIK menjelaskan, upacara pencucian pataka hari ini merupakan kepedulian, kecintaan dan kebanggaan kita terhadap pataka Polda dan pataka Polri dengan nilai nilai luhur Tribrata di hari Bhayangkara ke-76 ini.

Wahyu juga menambahkan tradisi pencucian Pataka ini adalah sebagai simbol pemuliaan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pataka “Tunggal Dharma Visuda”.

“Pencucian pataka ini merupakan simbol yang mengingatkan bahwa kita disini adalah organisasi dan lembaga yang mana tempat kita bekerja, dan mengabdi untuk masyarakat. Jadi kita harus menjaga organisasi ini,” tambah wahyu.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button