DAERAH

Kapolda Gorontalo Apresiasi Kinerja Direktorat Polairud

GORONTALO, Goinfo.id — Keberhasilan Ditpolairud Polda Gorontalo dalam melaksanakanan tugasnya memberikan jaminan keamanan di wilayah perairan melalui kegiatan patroli dan sambang desa pesisir serta berperan aktif dalam mensukseskan program vaksinasi mendapatkan apresiasi Kapolda Irjen Pol. Helmy Santika, SH.,SIK.,M.Si melalui amanat yang disampaikan dalam Upacara HUT ke- 72 Polairud yang dilaksanakan di Mako Ditpoliarud yang terletak di jalan. Trans Sulawesi, Desa Bintalahe, Bintalahe, Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango.Senin (5/12/2022).

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas loyalitas dan kinerja yang diberikan oleh jajaran Direktorat Polairud Polda Gorontalo dalam menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah perairan Provinsi Gorontalo serta perannya dalam mensukseskan program vaksinasi bagi masyarakat pesisir juga keberhasilan dalam pengungkapan kasus bom ikan di perairan Marisa dan penangangan kasus perdagangan hewan penyu illegal di perairan Sumalata Gorontalo Utara,” Ujar Helmy.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa Provinsi Gorontalo mempunyai garis pantai sepanjang +590 Km dengan luas laut teritorial +10.500 Km2 dan luas perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) +40.000 Km2 yang ada diperairan sebelah Utara, sehingga total luas perairan laut + 50.500 Km2.

“ Kondisi ini menjadikan wilayah Provinsi Gorontalo memiliki potensi perairan yang sangat besar, sehingga berpeluang terjadinya tindak pidana illegal Fising, maupun tidak pidana dibidang kelautan lainnya,disinilah dituntut peran jajaran Polairud untuk melakukan upaya-upaya pencegahan,”Terang Alumnus Akpol 1993 tersebut.

Kemudian, yang perlu diantisipasi juga kata Helmy melanjutkan adalah berkaitan pelaksanaan pemilu tahun 2024, jika ditinjau dari perspektif kamtibmas, agenda tersebut memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas dan harus bisa kita antisipasi dengan sebaik-baiknya.

“Untuk menghadapi kompleksitas tantangan tugas, maka Polairud Polda Gorontalo harus mampu mengatur semua kegiatan agar tercapai tujuan dan kebutuhan institusi, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada.” Jelasnya

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menegaskan kembali apa yang menjadi harapan pimpinan Bapak Kapolri, agar seluruh anggota Polairud dapat terus meningkatkan Profesionalisme dan kinerjanya serta mampu melakukan inovasi dan trobosan kreatif dalam pelaksanaan tugas.

“Kita dituntut untuk dapat menekan perilaku yang menyimpang seperti melakukan tindakan indisipliner maupun penampilan gaya hidup hedonis/ hidup bermewah-mewahan yang pada akhirnya merusak citra institusi Polri dimata masyarakat,” Ujarnya.

“Selamat HUT ke 72 Polairud, Semoga Polairud profesional dan efektif mendukung pembangunan ekonomi maritim nasional untuk mewujudkan Indonesia yang tangguh,” tutup Helmy.

Upacara HUT ke-72 Polairud tersebut dihadiri oleh Para PJU Polda Gorontalo dan perwakilan pengurus Bhayangkari Daerah serta para Kapolres.

Adapun tema Peringatan HUT ke -72 Polairud tahun ini adalah “ Polairud Profesional Dan Efektif Mendukung Pembangunan Ekonomi Maritim Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Tangguh”.

Sebelum Kapolda Helmy Santika menyampaikan amanatnya, Ia mengajak seluruh peserta upacara berdoa sejenak yang ditujukan bagi korban kecelakaan helipkopter NBO 105/P-1103 milik Baharkam Mabes Polri, yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button