BOALEMODAERAH

Zero Frambusia Sejak 2007, Dinkes Boalemo Didatangi Tim Assesmant Kemenkes

BOALEMO, Goinfo.id — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengunjungi Kabupaten Boalemo perihal untuk melakukan Penilaian Wawancara Kompetensi Penyakit Frambusia dan Surveilans Frambusia.

Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, merupakan salah satu wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo, yang mempunyai kasus Zero Frambusia sejak tahun 2007.

Hal ini yang mendasari Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo dilakukan penilaian sertifikasi bebas Frambusia yang dilakukan pada, Rabu (23/11/2022).

Penyakit Frambusia adalah penyakit infeksi kronik berulang (kambuhan dan menahun), nama lain Patek dan dalam bahasa Daerah Gorontalo yaitu “Ambalo”. Jika penyakit Frambusia ini tertular akan menyebabkan resiko yang sangat besar yaitu: sosial ekonomi rendah (kemiskinan, pemukiman padat penduduk, status gizi buruk), perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang buruk, lingkungan buruk (akses air bersih, sanitasi yang buruk).

Di Kabupaten Boalemo sejak tahun 2007 dilakukan pemeriksaan  serologi dengan sampel sasaran 5000 orang hasilnya menunjukkan Negatif atau 0 kasus. Alhamdulillah sejak tahun itu, Kabupaten Boalemo bebas dari Frambusia.

Hal ini dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani Lumula, SST.,M.Kes., pada Tim Assesment Penilaian Sertifikasi Bebas Frambusia.

“Dalam persyaratan untuk memperoleh Sertifikat Bebas Frambusia kami telah layak memenuhi syarat dan telah berproses sejak 2019, namun pada tahun 2020 kita dilanda oleh Pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan niat itu sempat tertunda,”Jelasnya.

Kata Ses Sutri, sapaan akrabnya pada tahun 2021 pihaknya kembali melakukan proses kembali dalam pemenuhan dokumen namun ada sesuatu kendala dan lain hal maka 2021 tidak sempat di Verifikasi oleh tim Assesment Kemenkes.

“Semoga Eradikasi bebas Frambusia terealisasi dan lolos verifikasi ditahun 2022, yang akan diterima pada tahun 2023 nanti,”Tandasnya. (*)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button