ADVETORIALBOALEMO

Sambut Kunjungan Ombudsman, Dinkes Boalemo Wujudkan Pelayanan Publik Yang Berkualitas

BOALEMO, Goinfo.id — Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, menerima kunjungan dari Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Gorontalo, Kamis (22/02/2022).

Kedatangan anggota Ombudsman di Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo dalam rangka melakukan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang dilakukan secara tatap muka (Offline).

Saat ditemui awak media usai kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Sutriyani Lumula, SST, M.Kes., menyapaikan kedatangan Ombudsman di Dinas Kesehatan untuk melakukan Penilaian.

“Alhamdulillah, Dinas Kesehatan didatangi oleh Lembaga Negara yang berperan dalam mengawasi Pelayanan Publik, yaitu Ombudsman Perwakilan Gorontalo. Alhamdulillah, kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo sudah mempersiapkan penilaian tersebut,”ungkapnya.

Kata Ses Sutri, Penilaian kepatuhan Ombudsman ini bertujuan untuk perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik, serta pencegahan maladministrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan pada setiap unit pelayanan publik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Dirinya melanjutkan, Dikes merupakan salah satu OPD yang menjadi sampel sejauh ini pelayanan kami yang bersentuhan langsung pelayanan publik tinggal rekomendasi dana talangan untuk masyarakat miskin yang sudah dirawat di Fasilitas Kesehatan.

Sutri, sapaan akrabnya menjelaskan yang dimaksud dengan dana talangan yaitu Dana yang disediakan Pemerintah Daerah yang diperuntukan untuk masyarakat miskin yang tak mempunyai Jaminan Kesehatan.

“Dana talangan itu, Dana yang disediakan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan yang diperuntukan untuk masyarakat miskin yang tak memiliki Jaminan Kesehatan. Jika ada masyarakat yang miskin dan tak punya Jaminan Kesehatan, maka Dana Talangan itu yang digunakan. Jadi kita merekomendasikan dana talangan tersebut untuk Pelayanan Publik secara langsung,”jelasnya.

Akhir kata dirinya berharap dengan adanya Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik ini, dapat memberikan efek yang positif bagi Instansi Dinas Kesehatan terutama dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik, sehingga nantinya hasil penilaian kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik di Instansi Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo berada pada Zona hijau. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button