ADVETORIALBOALEMO

Rayakan HUT ke-2, Kadinkes Boalemo Beberkan Perjuangan Membangun RSIB

BOALEMO, Goinfo.id — Rumah Sakit Iwan Bokings (RSIB) menggelar Doa syukuran atas 2 (Dua) tahun atas beroprasinya Rumah Sakit yang berada di ujung Kabupaten Boalemo, Jum’at (16/09/2022).

Nampak hadir pada syukuran tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, MM., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani Lumula, SST, M.Kes, Direktur RSIB, Para Pimpinan OPD, serta Anggota Legislatif Kabupaten Boalemo.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani Lumula, SST, M.Kes., menyampaikan perjalanan Rumah Sakit Iwan Bokings ini dari awal berdirinya.

“Saya mengingat kembalui bagaimana perjuangan Pemerintah Daerah yang saat itu memperjuangkan Rumah Sakit Iwan Bokings, dari menyediakan lahan karena tempat ini merupakan Ex Terminal, yang begitu kokohnya Pemerintah saat ini menyediakan bagaimana di Paguyaman ini ada sebuah Rumah Saki,”jelasnya.

“Melihat dari sisi jangkauan aksebilitas sisi Pelayanan Kesehatan yang ada, waktu rtempuh perjalanan rujukan dari Paguyaman Pantai, Paguyaman, Wonosari ke RSUDTN yang berada di Pusat Kota cukup memakan waktu sementara layanan yang namanya rujukan tentu segera cepat dan tepat Pelayanannya. Sehingga dengan adanya RSIB ini merupakan suatu berkah buat masyarakat Paguyaman dan sekitarnya,”sambungnya.

Tak hanya itu, dirinya mengatakan awal pembangunan Rumah Sakit ini sampai pada selesai tahun 2017 akan tetapi Operasionalnya itu pada tanggal 31 Agustus 2020.

“Jedah waktu yang cukup lama ini, terus terang kita perjuangkan sampai ketingkat banggar, ketika kita berusaha untuk meyakinkan Anggota DPRD dalam mengoprasionalkan Rumah Sakit ini begitu banyak tantangan dan itu kami pahami secara bersama. Dilihat dari sisi APBD yang begitu sedikita dan perlu dibagi dengan prioritas kegiatan di Boalemo ini sangat kita pahami”ungkapnya.

“Dengan adanya niat baik, serta dukungan seluruh Stakeholder dan dukungan Anggota DPRD Wilayah Paguyaman yang benar-benar memberikan dukungan terhadap Dinas Kesehatan agar bagaimana Banggar bisa menyetujui Operasional RSIB ini,” Ungkap Kadinkes Boalemo.

Dirinya menuturkan dengan adanya modal yang bisa dibilang sedikit alhamdulillah kita bisa meresmikan Rumah Sakit yang ada di ujung Kabupaten Boalemo.

“Dengan model yang serba kekurangan, dengan modal yang tidak ada sama sekaili, alhamdulillah kita bisa meresmikan Rumah Sakit ini pada tanggal 31 Agustus 2020, agar supaya terlihat dan terkesan bahwa ini sudah bisa dibuka kita menggait semua Organisasi Profesi,”pungkasnya.

Tak sampai disitu, Sutri sapaan akrabnya juga meminta dukungan anggaran kepada Pemerintah dan DPRD, sebab sesuai laporan berdasarkan data, RSIB melampaui target yang awalnya hanya Rp.500.000.000,- dengan realisasi 1 M lebih.

“Dengan dukungan anggaran kemarin dengan target limaratus juta, RSIB mampu meningkatkan pendapatan diangka 1M lebih. sama halnya 200% dari target yang diberikan. kedepan kita perlu dukungan anggaran dengan meningkatkan target menjadi 3 M. mohon ini menjadi prioritas karena berdasarkan aturan terbaru, Rumah Sakit Iwan Bokings ini menjadi BUMD milik Dinas Kesehatan. apalagi kita memiliki rifal seperti Rumah Sakit Bolihutuo yang bertetangga dengan ini. Mohon peluang dan potensi ini harus kita manfaatkan. dan kami sudah mengatur Regional Rujukannya agar lebih mudah, cepat dan Tepat agar tidak ada lagi keluhan terhadap pelayanan,” bebernya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button