DAERAH

Kapolres Bolmong Lakukan Terobosan Strategis dan Inovatif

SULUT, Goinfo.id — Sejak dilantik pada 6 Juli 2022 lalu, Kapolres Bolaang Mongondow (Bolmong) AKBP Slamet Ramelan terus melakukan langkah-langkah atau terobosan strategis dan inovatif dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di wilayah Kabupaten Bolmong.

Menurut Kapolres Bolmong melalui Kasi Humas Iptu Herol Mantiri, langkah-langkah tersebut meliputi kegiatan preemtif, preventif dan represif yang bertujuan untuk mencegah dan menindak setiap gangguan kamtibmas.

Lebih lanjut Iptu Herol Mantiri menguraikan bahwa, dalam kurun waktu satu bulan ini, kegiatan tersebut dilaksanakan secara maraton dan melibatkan seluruh personel Polres Bolmong dan jajarannya.

“Kegiatan itu sendiri diawali dengan pertemuan Kapolres Bolmong dengan unsur Forkopimda untuk membahas kerjasama dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif guna mendukung jalannya roda pemerintahan,” ujar Iptu Herol Mantiri.

Kemudian dilanjutkan Silaturahmi Kamtibmas yakni kunjungan kepada sejumlah tokoh agama di Kabupaten Bolmong antara lain, Ketua MUI H. Sulaiman Amba, Ketua PHDI I Nyoman Sukra, Ketua Sinode GMIBM Pdt. Fekky Kamasaan, dan Ketua PHBI Farida Mooduto, untuk menjalin kemitraan dalam menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat.

Terobosan lain yang dilakukan oleh Kapolres Bolmong adalah melakukan mapping atau pemetaan wilayah yakni, desa-desa yang berpotensi dan rawan terjadi konflik perkelahian antar kampung (tarkam) atau antar kelompok (tarpok) khususnya di wilayah Dumoga Raya.

“Dan kemudian mengadakan tatap muka dengan pemerintah desa bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda di desa setempat untuk mendengar aspirasi dan permasalahan di masyarakat guna dicarikan solusi pemecahannya, sekaligus menyatukan persepsi dan komitmen bersama untuk menjaga wilayah Dumoga agar tetap aman dan kondusif,” jelas Iptu Herol Mantiri.

Tercatat ada beberapa desa yang sudah dikunjungi oleh Kapolres Bolmong. Yakni pertama, gabungan Desa Pinonobatuan, Pinonobatuan Barat dan Imandi Kecamatan Dumoga Timur, kedua, gabungan Desa Mogoyunggung bersatu dan Desa Tonom Kecamatan Dumoga Timur, ketiga, gabungan Desa Dumoga Dua, Dumoga 3, Dumoga 4, dan Modomang Kecamatan Dumoga Timur, serta Keempat, gabungan Desa Doloduo Bersatu, Toraut dan Ikhwan Kecamatan Dumoga Barat. Di samping itu personel Polres Bolmong juga terlibat untuk memberikan imbauan kamtibmas di tempat-tempat ibadah serta mengadakan kegiatan door to door service atau sambang ke rumah-rumah warga untuk menyampaikan imbauan atau ajakan menjaga kamtibmas.

Selain kegiatan preemtif dan preventif, secara bersamaan juga dilakukan kegiatan represif atau penindakan yakni, mengadakan razia peredaran minuman beralkohol atau miras baik yang dijual di warung/kios maupun yang dibawa atau diangkut lewat kendaraan serta menindak penggunaan knalpot bising dan warga membawa senjata tajam.

Kapolres Bolmong mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan dan berharap mendapat dukungan dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat sehingga situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Bolmong dapat tercipta.

“Saya mohon dukungan dari pemerintah dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga daerah yang kita cintai Bolaang Mongondow agar tetap aman dan kondusif,” pinta AKBP Slamet Ramelan.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Bolmong sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Kapolres untuk menjalin kerjasama dengan tokoh agama.

“Saya selaku Ketua MUI Kabupaten Bolmong sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya karena pak Kapolres langsung menjalin silaturahmi yang lebih dekat lagi dengan tokoh-tokoh agama dan insya Allah kami akan mendukung sepenuhnya dan mudah-mudahan pada saat kami menyampaikan fatwa-fatwa atau ceramah mendapat dukungan dari masyarakat karena MUI itu mitra pemerintah,” pungkas H. Sulaiman Amba.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button