ADVETORIALBOALEMODAERAH

Kabupaten Boalemo Terima Penghargaan Eliminasi Malaria Dari Kementerian Kesehatan

BOALEMO, Goinfo.id — Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Kesehatan mendapatkan sertifikat penghargaan Kabupaten Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Selasa (31/05/2022).

Piagam diserahkan langsung oleh Dirjen P2P Kemenkes RI, dr. Maksi Rondonuwu, yang diterima langsung oleh Pj Bupati Boalemo, Dr.Drs. Hendriwan, M.Si., pada puncak peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) yang digelar oleh Kementrian Kesehatan RI bertempat di Kawasan Mandalika Kuta, Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pemberian sertifikat penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani N. Lumula, S.ST, M.Kes., pada saat dihubungi Via WhatsApp.

Menurutnya, penghargaan tersebut diperoleh setelah tim penilai Eliminasi Malaria dari Komisi Penilaian Eliminasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, yang telah melakukan survei dan penilaian langsung ke Kabupaten Boalemo pada 29 November-3 Desember 2021 , dan diputuskan Kabupaten yang berslogan Damai Bertasbih berhak menerima sertifikat ini.

Ses Sutri sapaan akrabnya melanjutkan, Kabupaten Boalemo lolos dalam penilaian karena dinilai telah mampu mencegah insiden penularan penyakit malaria dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yang merupakan dasar penetapan Eliminasi Malaria serta inovasi yang dilakukan dalam mencapai dan memelihara eliminasi yang didukung oleh Provinsi teristimewa dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo serta lintas sektor yang ada.

“Adapun indikator penilaian eliminasi malaria disetiap Daerah yaitu, tidak adanya penularan setempat (Indigenous) selama tiga tahun berturut-turut, Nilai SPR (Slide Positif Rate), Angka positif malaria dibanding junlah slide yang diperiksa mencapai 5 %, API (Arival Parasit Insiden) tidak lebih dari 1/1000 penduduk,”jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak lebih khusus Tim Pengelola Program Malaria Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo beserta jajaran Puskesmas dan masyarakat, yang telah memperjuangkan prestasi tersebut hingga memperoleh penghargaan ini.

“Keberhasilan ini membuktikan bahwa pemerintah Daerah telah berupaya seoptimal mungkin dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Boalemo”Beber Kadis Berprestasi itu. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button