ADVETORIALPOLITIK

Gelar Festival Kopi, PDI Perjuangan Ingin Potensi Tanah Air Digarap Serius

GOINFO.ID DPP PDI Perjuangan menggelar Festival Kopi Tanah Air di Parkir Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jumat (27/5) pukul 13.15 WIB. Kegiatan yang akan dihadiri ribuan peserta ini bakal memecahkan rekor MURI.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Festival Kopi ini merupakan bukti bahwa PDI Perjuangan, seperti yang disuarakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, tidak melulu berbicara soal kekuasaan.

Hasto mengatakan Megawati selalu memberikan arahan agar kader PDI Perjuangan harus terus menjalankan kerja-kerja politik kerakyatan, terus turun membantu rakyat.

“Kami berharap dengan Festival ini, akan membangkitkan Kopi Tanah Air, membangkitkan petani Indonesia, membangkit semangat rakyat Indonesia, sehingga akhirnya Kopi Tanah Air merupakan Kebangkitan Nasional Indonesia,” kata Hasto, Kamis (26/5) malam.

“Rencananya Ibu Ketua Umum akan memberikan sambutan untuk membuka Festival Kopi,” jelas Hasto.

Terkait kopi, pria asal Yogyakarta ini pun mengutip kisah yang disampaikan mantan pengawal pribadi Bung Karno, Mangil Wartowidjojo menulis buku bertajuk “Kesaksian tentang Bung Karno, 1945-1967”.

Ketika sarapan, Bung Karno tak lupa untuk minum kopi. “Pak Mangli menjelaskan bahwa kopi Bung Karno harus sesuai takaran yang diinginkan yaitu satu sendok kopi dan satu setengah sendok gula,” kata Hasto sambil tersenyum.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Kopi Tanah Air Ono Surono menambahkan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian penutup HUT ke-49 PDI Perjuangan. Dalam acara bertajuk Festival Kopi Kebangkitan Nasionalisme Indonesia itu, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pameran, eksebisi, uji cita rasa, dan sulang kopi secara hybrid.

“Di mana uji cita rasa kopi itu oleh panitia disiapkan on the spot dan secara hybrid dengan target minimal 2.500 orang. Dan, itu mudah-mudahan mendapatkan penganugerahan dari rekor MURI,” jelas dia.

Eksebisi kopi akan menghadirkan pegiat kopi dari Aceh sampai Papua. Lima kementerian juga akan terlibat, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya itu, hadir juga komunitas dan produsen kopi.

Selain itu, PDI Perjuangan juga akan menggelar lomba barista dengan tiga kategori, yakni latte art, manual brew, dan aeropress. “Dengan sampai saat ini jumlah peserta lomba itu mencapai 535 orang dari Aceh sampai Papua,” jelas Ono.

Ono menambahkan, festival berlangsung selama tiga hari, akan ada pertunjukan seni budaya dan penampilan artis-artis Indonesia seperti Krisdayanti, Marcell Siahaan, Rizky Febian, Peewee Gaskins, Hivi, dan lain-lain. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button