DAERAH

Penjagub Hendra Noer Hadiri Peringatan OTDA Ke 27 Tahun

MAKASAR, (Sulsel) Goinfo.id Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menghadiri Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII Tahun 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023).

Tahun ini Kota Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah Peringatan hari Otda tingkat nasional. Acara yang di gelar di Anjungan Pantai Losari itu dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta dihadiri seluruh gubernur dan bupati walikota atau yang mewakili se Indonesia.

Mendagri dalam dalam amanatnya mengatakan otonomi daerah merupakan sistem pemerintahan Indonesia yang bersifat desentralistik. Tujuannya memberikan kewenangan yang lebih luas kepada pemerintah daerah (Pemda) sehingga bisa berkreasi dan bermanuver untuk menyelenggarakan urusannya di daerah masing-masing.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah ini adalah memperingati perubahan sistem pemerintahan yang di masa Orde Baru, pada sistem sentralistik. Kepala daerah juga ditunjuk, (diberikan) kewenangan sebagian besar di tingkat pusat dan dengan adanya otonomi daerah maka sebagian kewenangan diserahkan kepada daerah,” katanya.

Kewenangan tersebut harapannya bisa meningkatkan kreasi, inovasi, dan kemandirian fiskal di daerah masing-masing sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai. Pesan Mendagri itu sejalan dengan tema yang diangkat dalam Hari Otda kali ini, yaitu “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Dalam kesempatan itu, Mendagri memberikan penghargaan kepada Pemda yang dinilai berprestasi berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2022. Selajutnya Penjagub Hamka ikut bersama Mendagri dan rombongan menyaksikan Tari Pakarena di Tribun Laut Anjungan City of Makassar, penandatanganan prasasti serta mengunjungi Festival Inovasi Daerah dan Festival Coto Makassar.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button