DAERAH

Wakapolda Gorontalo Hadiri Upacara Peringatan Hari Patriotik

Gorontalo, goinfo.id Bertempat di Rumah Dinas Gubernur Pada hari Minggu (23/01/2022 ) Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Pudji Prasetijanto Hadi MH bersama Forkopimda serta pejabat se-provinsi Gorontalo Gelar hari Patriotik atau yang dikenal dengan hari kemerdekaan Gorontalo. Sebab, dua tahun sebelum Indonesia merdeka, Gorontalo sudah lebih dulu memproklamasikan kemerdekaan.

Perayaan hari Patriotik. Agendanya pun sama dengan hari kemerdekaan Indonesia, mulai dari gerak jalan, upacara bendera hingga pemasangan bendera merah putih.

Wakapolda Gorontalo melalui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono S.I.K Mengatakan Konon kemerdekaan itu tak lepas dari perjuangan dari seorang Pahlawan Nasional asal Gorontalo. Namanya Nani Wartabone.

” Tanggal 23 Januari 1942 atau dua tahun sebelum Indonesia merdeka, masyarakat Gorontalo itu berhasil mengusir penjajah yang dipimpin langsung Nani Wartabone,”kata Wahyu.

Ia menambahkan, bahwa Nani Wartabone bisa mengusir penjajah hanya dengan senjata tradisional.

”yang di pakai Nani Wartabone waktu itu hanyalah sebuah tombak dan pedang, peralatan seadanya. Tetapi dengan kegigihan dan usaha, mampu menumpas penjajah yang saat itu bersenjata lengkap,” tambahnya.

” Ini dilakukan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat khususnya provinsi Gorontalo agar selalu merenungkan setiap perjuangan para pahlawan kepada bangsa dan negara serta mengajak kepada generasi milenial untuk malawan Covid-19 dengan cara memakai masker dan patuh terhadap protokol kesehatan,” katanya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button