DAERAHKABGOR

kapasitas Penyelenggara PAUD Holistik di Kabupaten Gorontalo Ditingkatkan

KABGOR, Goinfo.id — Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Bidang PAUD dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud) melaksanakan Bimbingan teknis ( Bimtek), peningkatan kapasitas penyelenggaraan pengembangan Anak Usia Dini Holistik intergratif ( PAUD-HI) di satuan PAUD kabupaten Gorontalo.

Bimtek mengusung tema” Wujudkan Generasi Emas Bangsa Melalui Lyanan PAUD yang Berkualitas”

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari kedepan tersebut dibuka secara resmi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Selasa (07/9/2021) di Gedung PGRI Kabupaten Gorontalo.

Kepala bidang PAUD Since Banteng mengatakan, penyelenggaraan pengembangan anak usia dini holistik integratif yang diselenggarakan hari ini merupakan pembuktian bahwa pemerintah Kabupaten Gorontalo memiliki komitmen tinggi terhadap layanan pengembangan anak usia dini holistik integratif dalam pelaksanaannya.

“Tujuaanya, memberikan pengetahuan dan keterampilan pada guru dalam penerapan PAUD Holistik integratif dimasing masing satuan,” Kata Since.

Selain itu, ungkap since, tujuan bimtek ini dalam ramgka memberikan motivasi guru dalam kesatuan langka bersama lintas antar sektor dalam penanganan pelaksanaan PAUDHI.

“Dengan adanya guru berkompoten dapat memberikan layanan yang esensial pada anak secara simultan menyeluruh dan terintegrasi,’ ungkapnya.

Seperti diketahui, secara umum Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhi Holistik Integratifnya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia; sedangkan secara khusus adalah: (1) terpenuHolistik Integratifnya kebutuhan esensial anak usia dini secara; (2) terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada; (3) terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah; dan (4) terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button