DAERAHKABGOR

Fory Naway : Peran dan Eksistensi Pramuka Untuk Sekolah Siaga Covid-19

KABGOR, Goinfo.id — Pada masa pandemic covid-19 saat ini, tentunya membutuhkan peran semua pihak. Tak ketinggala Gerakan pramuka Kabupaten Gorontalo memiliki peran penting dalam menunjukan eksistensinya kekompakan dan optimism di tengah masyarakat khsusunya di tengah-tengah lingkup Pendidikan dalam rangka ikut serta mensosialisasikan program sekolah siaga covid-19.

Hal ini disamapaikan ketua kwartir cabang (Kwarcab) Gerakan pramuka Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Naway, M.Pd, disambangi usai menghadiri pencanangan sekolah siaga covid-19 dan program vaksinasi bagi guru di Kabupaten Gorontalo, Jumat (06/8/2021).

Lanjut Fory, sebelum dicanangkan, diakuinya sekolah siaga covid-19 ini memang sudah jalan termasuk keterlibatan pramuka, TNI dan Polri. Program ini kata Fory, kerjsa sama dengan dinas Kesehatan dan dikbud Kabuaten Gorontalo.

“Sudah jalan, termasuk pramuka kabupaten Gorontalo kerjsama dengan TNI, Polri sampai tingkat desa dan Kecamatan sebagai upaya untuk mempersiapkan sekolah akan dibuka atau belajar tatap muka,” Ujar Fory Naway, di halaman dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo.

Ketua PGRI Kabupaten Gorontalo itu mengatakan, peran anak-anak pramuka dalam sekolah siaga covid-19, terutama lebih pada memberikan edukasi dan sosialisasi pentingnya penerapan protocol Kesehatan baik kepada sesama anak maupun orang tua dan kesiapan guru dalam menghadapi belajar tatap muka.

Kata Fory Naway, setelah dicanangkan sekolah siaga covid-19, dilanjutkan di semua sekolah -sekolah di Kabupaten Gorontalo dan disitu dibutuhkan peran aktif pramuka di setiap wilayah kecamatan dan desa sampai tingkat Kabupaten

“Ini menjadi tolok ukur semua sekolah baik Guru, anak-anak dan seluruh stokeholder untuk persiapkan berbagai alat peraga protocol Kesehatan di setiap sekolah. Diantaranya, tempat cuci tangan, sosialisasi memakai masker dan juga jaga jarak,” Ungkap Fory

Fory Naway menyadari, saat ini sekolah tatap muka tentu tidak maksimal untuk tatap muka. tapi,harus berjenjang atau penjadwalan sekolah untuk tidak ful tatap muka

“Tapi, ada sesuatu terkait tugas harus dikerjakan di rumah dengan tetap bimbingan guru melalui luring dan saat ini juga ada daring. Luring akan dilkaksanakan Bersama disemua sekolah, baik Untuk PAUD, SD dan tingkat SMP.Harapanya, mudah-mudahan ini jalan, sehingga penyebaran dan pencegahan serta memerangi covid-19 dapat terwujud. Termasuk, kami dari pramuka Kabupaten Gorontalo intens melaksanakaan sosialisasi kepada orang tua untuk selalu menerapkan pola makan sehat , pola lingkungan sehat serta tetap olah raga untuk stamina imun terjaga,” Imbuhnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button