BOALEMODAERAH

Tekan AKI dan AKB, UPTD Puskesmas Dulupi Gelar Kemitraan Bidan dan Dukun

BOALEMO (Dulupi), Goinfo.id UPTD Puskesmas Dulupi, sebuah lembaga kesehatan yang berdedikasi, baru-baru ini mengambil langkah progresif dengan menggelar kemitraan antara bidan dan dukun. Pada Kamis (14/12/2023).

Upaya ini bertujuan untuk menjaga kerja sama yang baik, didasarkan pada prinsip saling peduli, guna memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang lebih baik. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Dulupi, Radmin Kamumu, S.KM.

“Kemitraan ini tidak hanya sekadar bentuk kolaborasi, tetapi juga merupakan strategi terencana untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di wilayah Puskesmas Dulupi,”ujarnya.

“Dengan melibatkan baik bidan yang memiliki pendidikan formal dalam bidang kebidanan maupun dukun yang memiliki keahlian turun-temurun, diharapkan dapat menciptakan pendekatan holistik dalam pelayanan kesehatan maternal dan anak”sambung Radmin Kamumu.

Ia menjelaskan prinsip saling peduli menjadi dasar utama kemitraan ini, di mana baik bidan maupun dukun saling menghormati dan mendukung peran masing-masing.

“Langkah-langkah konkret telah diambil, termasuk pelatihan bersama untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, serta penyusunan pedoman bersama untuk praktik-praktik yang aman dan efektif. Dengan demikian, harapannya adalah masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari kemitraan ini melalui peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan”ungkapnya.

Akhir kata Rita, sapaan akrabnya menyampaikan optimisme terkait masa depan kemitraan ini.
“Kami berkomitmen untuk terus menjaga kerja sama yang baik ini demi kesejahteraan ibu dan anak di wilayah kami. Dengan bersatu, kita dapat meraih penurunan signifikan dalam AKI dan AKB,”pungkasnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button