BOALEMODAERAH

Hadiri Prosesi Adat Mopotolungo Mantan Bupati, Ini Yang Disampaikan Sekda Boalemo

BOALEMO, Goinfo.id — Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo, menggelar prosesi adat mopotolungo mantan Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Jusuf, M.Si., Senin (23/05/2022).

Prosesi adat Mopotolungo ini merupakan prosesi adat untuk mengantarkan pejabat yang telah mengakhiri masa tugasnya dari rumah Dinas Jabatan ke Rumah Pribadi.

Pengantaran mantan Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Jusuf, M.Si., bersama Istri Dra. Lisna Mohi Jusuf, dari Rumah Jebatan Bupati Boalemo yang ada di Desa Limbato, Kecamatan Tilamuta, ke rumah pribadi yang ada di Desa Tapadaa, Kecamatan Botumoito, diikuti oleh Sekretaris Daerah, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd., MM., Ketua DPRD Boalemo, H. Karyawan Eka Putra Noho, S.Sos., serta para unsur Forkopimda, Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemda Boalemo.

Saat diwawancarai awak media usai prosesi adat Mopotolungo, Sekda Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, MM., menyampaikan harapan diakhir Pemerintahan Damai.

“Secara Administratif Pemerintahan Damai itu sudah selesai pada tanggal 22/05/2022, dan Penjabat Bupati yang menggantikan Pemerintahan Damai sudah dilakukan pelantikan. Harapannya, apa yang sudah dirintis oleh Pemerintahan Damai bisa kita rintis dan lanjutkan,”jelasnya.

Sherman, sapaan akrabnya melanjutkan alhamdulillah masa Pemerintahan Damai berlangsung dengan sangat baik.

“Alhamdulillah, dari awal menjabat sampai masa Pemerintahan itu berakhir, Pemerintahan Darwis Morid-Anas Jusuf berlangsung dengan sangat baik, baik dari aspek Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan serta pengaturan jalannya Pemerintahan dan kemasarakatan,”ungkapnya.

Tak sampai disitu, kata sherman untuk melanjutkan Pemerintahan Damai, Pj. Bupati Boalemo, Dr. Drs. Hendriwan, M.Si., akan menjalankan prosesi adat moloopu.

“Penjabat Bupati Boalemo sudah berada di Tilamuta, dan untuk memulai penyelenggaraan Pemerintahan beliau akan diambil dengan adat Moloopu, setalah menjalankan prosesi adat tersebut Pj. Bupati Boalemo akan memulai pelaksanaan Pemerintahan, Pelayanan dan kemasyarakatan,”ucapnya.

Akhir kata dirinya menuturkan harapan di periode Pj. Bupati Boalemo akan melaksanakan Kepemerintahan sesuai dengan In Mendagri Nomor 70 tahun 2021 tentang rencana pembangunan Daerah 2023-2026.

“Semoga masyarakat Kabupaten Boalemo bisa menerima, Dr. Drs. Hendriwan, M.Si., sebagai Penjabat Bupati Boalemo. Ini merupakan energi baru di Kabupaten Boalemo, Insyaallah kita saling bahu membahu bersama OPD dan Masyarakat Boalemo,”bebernya. (red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button