DAERAHKABGOR

Kementerian LHK Canangkan Dulamayo Menjadi Centra Buah

KABGOR, Goinfo.id — Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencanangkan wilayah dulamayo Cs dicanangkan menjadi wilayah pusat buah-buahan di Provinsi Gorontalo.

Pencanangan ini pun turut dihadiri langsung wakil ketua MPR RI, Fadel Muhammad, dirjen PDASRH, Ir. Helmi Basalama, Bupati Gorontalo,Prof. Nelson Pomalingo, sekda Kabupaten Gorontalo, Ir. Hadijah U Tayeb, Minggu (27/06/2021).

Wakil ketua MPR RI Fadel Muhamad, mengatakan, Dipilihnya wilayah dulamayo cs untuk dijadikan pusat atau kecamatan centra buah itu karena daerah itu subur serta berbukit. Tak hanya itu, wilayah itu juga daerah dingin serta potensi alam menjanjikan.

“Untuk mewujudkan itu, hari ini kementerian lingkungan hidup dan kehutanan menyerahkan 5.000 bibit buah kepada warga sekitar” Ungkapnya.

Kata Fadel, bibit -bibit buah ini adalah bibit yang sudah melewati uji dan tes dari berbagai pihak. Bibit-bibit ini sangat bagus.

“Pak dirjen memberikan sumbangan bibit-bibit buah yang bagus dan sudah diuji kualitasnya sebagai program kementerian lingkungan hidup dan kehutanan,” Beber Fadel.

Fadel melanjutkan, tiga hal yang diambil dari makna peringatan hari lingkungan hidup sedunia adalah. Pertama,kita memilih sebuah desa sebagai daerah subur dan berbukit di kecamatan puncak Kabupaten Gorontalo, sangat cocok untuk tanaman -tanaman buah.

“Kedua, dalam rangka itu, kita mendapat buah secara Cuma-Cuma dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. ketiga, nantinya ini Pak Bupati yang akan melaksanakannya. Sehingga harapan kami,ini menjadi kecamatan centra buah di Provinsi Gorontalo,” Tukas Fadel.

Ditempat yang sama, dirjen PDASRH Lingkungan hidup dan kehutanan, Ir. Helmi Basalama menjelaskan, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, dalam rangka merahabilitasi bertepatan dengan hari lingkugan hidup sedunia memiliki tekad dalam 10 tahun ini adalah restorasi ekosistem.

“ Untuk mencegah erosi,menciptakan iklim baik dan sebagainya tapi lebih pada pohon yang menghasilkan sumber ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat disini,” Ucap dia.

Dirinya pun mengatkan, ini baru tahap pertama sebanyak 5.000 bibit dan berikut kita lebih banyak lagi karena kami ingin menciptakan kebun bibit rakyat yang jenisnya ditentukan masyarakat itu sendiri.

Sementara itu, ditempat terpisah Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyampaikan apresianya kepada kementerian lingkungan hidup dan kehutanan serta dukungan wakil Ketua MPR RI.

“Daerah ini sudah tetap karena daerah ini memliki iklim tersendiri, keunikan tersendiri karena berbukit. Sehingga perlu adanya kebijakan konsevasi dan ini sudah sesuai dengan kondisi yang ada,” Ungkap Nelson.

Kata Nelson, Daerah ini juga,tengah di dorong menjadi bagaimana ekonominya menjadi bidang agroperstik dan betul-betul terwujud dengan adanya kebijakan itu.

Dengan kebijakan ini, maka daerah ini menjadi daerah ekowisata, daerah agro wisata yang sekarang saja sudah berkembang, apalagi dengan didorong Bersama.

“Kita juga berharap kepada masyarakat apa yang dilakukan melalui semangat pak helmi dan pak fadel dan kami pemerintah daerah harus dijga dengan baik. Oleh karena itu,kami segera melakukan rapat dengan bappedas, lingkungan hidup, kades dan camat bahkan dinas pertanian untuk merancang apa cita-cita ini, dimulai dengan 5.000 pohon,” ujar Nelson.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button