ADVETORIALBOALEMODAERAH

Teken Ikrar Pegawai ASN, Bapppeda Boalemo Komitmen Netral Dalam Pemilu 2024

BOALEMO, Goinfo.id – Dalam rangka menjaga netralitas dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Perencanaan Pengendalian Pembangunan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Boalemo menggelar acara penandatanganan pakta integritas dan ikrar netralitas ASN.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Ikrar Netralitas ASN ini merespons Surat Keputusan Bersama beberapa kementerian dan instansi terkait, termasuk Mentri Pendayagunan Apartur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Mentri Dalam Negri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum, dengan nomor-nomor referensi tertentu. Isi kebijakan ini mengenai pedoman pembinaan dan pengawasan netralisasi ASN jelang Pemilu 2024 nanti.

Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala Bappeda, pejabat struktural, dan seluruh pegawai ASN, tindakan ini menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa setiap pegawai tidak terlibat dalam kegiatan politik yang dapat merusak netralitas institusi pemerintahan, Rabu (30/08/2023).

Dengan menandatangani ikrar ini, pegawai ASN Bappeda Kabupaten Boalemo berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional dan netral, tanpa adanya campur tangan politik.

Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo, Srijun Tasman Dangkua, S.P., MM., menyatakan, sikap pihaknya tidak akan terlibat dalam kegiatan Politik tahun 2024 nanti.

“Kami sebagai pihak yang terlibat dalam perencanaan pembangunan daerah harus memastikan bahwa kita tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat mempengaruhi objektivitas dan profesionalisme kami dalam melayani masyarakat. Netralitas adalah kunci dalam menjaga kredibilitas lembaga.” ungkapnta.

Dikatakan Jun, sapaan akrabnya ikrar netralitas ini mencakup komitmen untuk tidak terlibat dalam kampanye politik, tidak menggunakan sumber daya lembaga untuk kepentingan politik, serta menjaga sikap netral dalam setiap aspek pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan. Tindakan-tindakan ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintahan dan proses demokrasi.

Dengan sangat tegas Kepala Bapppeda Kabupaten Boalemo menegaskan bahwa pelanggaran terhadap ikrar netralitas ini akan berujung pada sanksi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Pemilu 2024 diharapkan menjadi tonggak penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia. Dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk ASN yang netral, diharapkan Pemilu dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang dipilih secara adil oleh rakyat,”bebernya. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button