ADVETORIALBOALEMODAERAH

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Dinkes Boalemo Terima Tim Penilai Dari Ombudsman

BOALEMO, Goinfo.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di sektor kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo telah menerima kunjungan penilaian yang signifikan dari Ombudsman Perwakilan Provinsi Gorontalo, Rabu (23/08/2023).

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani Lumula, S.ST., M.Kes., melalui Sekretaris Dinas Kesehatan, Irvan Hemeto, S.KM.,M.Kes., mengatakan kunjungan Ombudsman merupakan langkah penting dalam rangka mengawasi penyelenggaraan layanan kesehatan dan memastikan bahwa standar pelayanan yang baik terus dijaga.

“Ombudsman, sebagai lembaga yang berperan dalam mengawasi pelayanan publik, memiliki peran vital dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi dalam penyelenggaraan berbagai layanan masyarakat. Dalam konteks layanan kesehatan, peran Ombudsman sangat penting untuk memastikan bahwa masyarakat menerima layanan yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,”kata Irvan Hemeto.

Dikatakan Irvan, kunjungan penilaian Ombudsman di Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo melibatkan beberapa tahapan penting didalamnya termasuk telaah dokumen.

“Penilaian yang dilaksanakan Ombudsman di Dinas Kesehatan Kanupaten Boalemo ada beberapa tahap, termasuk telaah dokumen, observasi langsung terhadap layanan, dan melakukan wawancara dengan berbagai pihak terkait. Hal ini meliputi pimpinan dinas kesehatan, kepala bidang yang bertanggung jawab atas unit aduan, serta front office yang terlibat dalam pemberian layanan kepada masyarakat,”jelasnya.

Kata Irvan, Penilaian ini mengacu pada standar operasional prosedur layanan publik dan mekanisme penanganan aduan masyarakat terhadap layanan kesehatan.

Tak hanya itu, Irvan mengungkapkan penilaian Ombudsman ini bukan semata-mata sebagai bentuk inspeksi atau kritik, tetapi lebih sebagai kolaborasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan.

“Kunjungan penilaian dari Ombudsman bukanlah semata-mata sebagai bentuk inspeksi atau kritik, tetapi lebih sebagai kolaborasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan. Setiap temuan, rekomendasi, dan masukan yang diberikan oleh Ombudsman akan menjadi pedoman berharga bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo dalam merumuskan langkah-langkah perbaikan ke depan,”ungkapnya.

Tak sampai disitu, irvan menuturkan dalam pengawasan maupun penilaian yang diselenggarakan merupakan unsur penting dalam upaya menciptakan pemerintahan yg baik,bersih,dan efisien serta sekaligus merupakan implementasi prinsip yang perlu ditumbuhkembangkan dan diaplikasikan guna mencegah da menghapuskan penyalahgunaan wewenang oleh aparatur penyelenggaraan negara dan pemerintah. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button