DAERAH

Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal Desa Tungoi Dua Rampung

GOINFO.ID- Pembangunan instalasi pengolahan air limbah komunal Desa Tungoi dua Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Sulut) tahun anggaran 2022 selesai di bangun oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Tungoi dua.

Pembangunan sistem pengolahan air limbah domestik pekerjannya di mulai tahun 2022 lalu. “Program dari Kementerian PUPR ini merupakan bagian untuk menciptakan Indonesia bersih dan sehat terutama daerah pedesaan.

Sangadi Desa Tungoi dua Mita Manolang mengatakan, Pelaksana Pembangunan program sanitasi berbasis masyarakat sistem pengolahan air limbah domestik terpusat (SANIMAS SPALD-T) Tahun 2022 adalah masyarakat tungoi dua yakni KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yakni ketua At Manolang, Sekretaris Yuhli Manggo dan Bendahara Hena Datundugon.

“Program ini di laksanakan di dua titik yakni di lokasi RT 7 dusun 8 dan RT 8 dusun 3 dengan volume 3 m × 9.8 meter.
” Alhamdulillah pekerjaan program ini berjalan sesuai harapan pemdes Tungoi dua, Selaku pemerintah desa saya berharap agar warga masyarakat bersama sama menjaga dan merawat bangunan komunal ini agar dapat terus di gunakan oleh generasi berikutnya, ” Ucap Mita.

Mita menambahkan ada sekitar 77 kepala keluarga dengan angka 350 jiwa yang memanfaatkan program ini, mudah mudahan ini akan membantu warga terutama yang belum memiliki jamban, “Terang Mita.

Sementara itu beberapa warga dusun 8 dan dusun 7 mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Tungoi dua yang telah memperjuangkan program pembangunan instalasi Komunal ini, Sebelumnya kami kesulitan jamban tapi setelah adanya program ini kami dapat terbantukan, ” Ucap warga. (Asko)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button