KESEHATAN

5 Tips Sehat Memilih Menu Sahur

KESEHATAN, Goinfo.id Sahur merupakan waktu makan sebelum fajar yang dijalankan oleh umat muslim selama bulan Ramadhan. Sahur memegang peranan penting dalam prosesi ibadah puasa. Karena selain termasuk kedalam sunnah, makan sahur bisa memberikan energi yang cukup kepada kita untuk bisa menjalankan aktivitas harian selama puasa.

Tips Sehat Memilih Menu Sahur

Agar lebih maksimal, memilih jenis makanan yang tepat untuk santap sahur juga merupakan hal yang harus dilakukan. Berikut ini adalah tips sehat saat makan sahur yang bisa dicoba, diantaranya adalah:

Memilih karbohidrat kompleks

Asupan karbohidrat kompleks sangat dibutuhkan oleh tubuh saat puasa sebagai salah satu sumber energi. Karbohidrat kompleks terdiri dari roti gandum, nasi merah, oatmeal dan juga sereal.

Menghindari makanan bersantan maupun pedas.

Makanan yang mengandung santan dan juga pedas akan sangat sulit untuk dicerna dalam tubuh, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat santap sahur. Mengonsumsi makanan bersantan maupun pedas akan membuat asam lambung menjadi naik, sehingga memicu berbagai macam gangguan pencernaan.

Mencukupi cairan di dalam tubuh

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu kunci agar tubuh tetap sehat. Dengan menahan lapar dan haus selama ramadhan, maka sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh kita.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayuran merupakan menu yang tepat untuk disantap saat sahur, hal ini dikarenakan buah dan sayur memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga tinggi serat yang bersifat mengenyangkan.

Mencukupi asupan protein

Protein dalam makanan memiliki peran sebagai cadangan energi, sehingga mencukupi kebutuhan protein saat makan sahur, akan memberikan energi secara konstan kedalam tubuh. Adapun sumber protein yang baik saat santap sahur diantaranya adalah daging ayam, ikan, sapi, telur, ikan hingga kacang-kacangan.

Dengan menjalankan beberapa tips sehat saat sahur diatas, diharapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih maksimal. Selain itu diharapkan tubuh tetap sehat dan aktivitas harian bisa berjalan dengan lancar.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat lainnya seperti melakukan aktivitas fisik dan mencukupi kebutuhan tidur. Tidak lupa untuk bersegera membatalkan puasa apabila mengalami gangguan kesehatan dan bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button