DAERAH

Dinas Perikanan Provinsi Papua Apresiasi Budidaya Rumput Laut Di Kepulauan Yapen

PAPUA, (Kepulauan Yapen), Goinfo.id — Kepala Bidang produksi perikanan dan kelautan provinsi Papua, Yan Elvid Yaweni, S.Pi, M.Si didampingi kepala dinas perikanan kepulauan Yapen, Daniel Reba, SE bersama stafnya hadir dalam panen bibit pengembangan rumput laut di sarwandori distrik kasiwo kabupaten kepulauan Yapen, Selasa (09/03/2021)

Hadirnya dinas perikanan dan kelautan provinsi Papua untuk melihat secara langsung proses panen bibit pengembangan rumput laut tahap dua oleh pembudidaya.

Hal ini disampaikan, Kepala Bidang Produksi Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Yan Elvid Yaweni. pada saat panen tersebut.

“Dari tiga wilayah kabupaten Yapen, Biak Numfor dan Supiori yang di tetapkan oleh Provinsi Papua untuk pengembangan rumput laut, Kepulauan Yapen berada di posisi pertama sehingga terbukti pada tahun 2020 Dinas Perikanan Provinsi melakukan rapat evaluasi dan langsung ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, untuk pengembangan rumput laut dan di respon baik oleh pembudidaya” Ucapnya.

Kata Elvid, Kabupaten Kepulauan Yapen mempunyai respon yang sangat luar biasa olehnya kami akan memfasilitasi baik itu dari perencanaan sampai ke tahap pasar.

“Panen Bibit pada tahap pertama itu mencapai 150 Kg dengan cara Long Line, akan tetapi pada tahap kedua mencapai 500 Kg yang basah, olehnya saya akan terus mengikuti perkembangan pertumbuhan rumput laut di pengembangan ketiga nantinya ia juga berharap moralitas dari rumput laut ini bisa kita turunkan sampai nol. Agara pengembangan sampai bembesaran produksi rumput laut ini bisa kembali stabil” Ungkapnya.

Tak hanya itu, dirinya juga menuturkan akan menyiapkan binit jika budidaya rumput laut mengalami kesulitan.

“Untuk budidaya rumput laut kami harus siapkan yg namanya kultur jaringan, karena kultur jaringan ini sebagai penyiapan bibit itu yg bisa adanya kontinuitas dalam budidaya rumput laut, provinsi Papua memiliki balai yang berada di bosnik kabupaten Biak Numfor, jadi kalau budidaya rumput laut mengalami kesulitan dengan binit kami sudah siapkan, karena butuh biaya cukup besar jika didatangkan bibit dari luar Papua” tutupnya .

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button