BOALEMO

Anas Jusuf: Lahan Kritis Kabupaten Boalemo Mencapai 50.154 Ha

Pemerintah Kabupaten Boalemo menggelar Sosialisasi Rehabilitas Hutan dan Lahan Pola Agroforestry tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Bone Bolango, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibuka langsung oleh Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf.

Kegiatan yang berlangsung di Grand Amalia Hotel tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Pengelolaan Daerah aliran sungai dan hutan lindung Bone Bolango, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Heru Permana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, yang di wakili Kabid Penegakan hukum dan rehabilitasi, Khaerudin, Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, dan Kepala Desa.

Kegiatan Rehabilitas Hutan dan Lahan (RHL) merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, serta meningkatkan dan fungsi Hutan dan Lahan.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf pada saat memberikan sambutan.

Kata Anas, ini berguna untuk meningkatkan daya dukung produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

“Saat ini, kegiatan RHL telah memasuki paradigma baru dengan menempatkan masyarakat sebagai Subyek utam dalam pelaksanaan yang telah di transformasikan melalui pola Agroforestry” Jelasnya

Lebih lanjuta dirinya menjelaskan, RHL ini menjadi salah satu upaya dalam mereduksi lahan kritis di Indonesia yang sudah mencapai luas 14,02 Juta Hektar dan untuk Kabupaten Boalemo lahan kritis mencapai 50.154 Ha atau setara dengan 27,5%.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat agar dapat menjaga kelestarian Lingkungan untuk mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah Longsor.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian Lingkungan agar kita terhindar dari bencana dan tanah longsor dan untuk peserta yang mengikuti sosilisasi ini agar memberikan masukan dan saran terkait kegiatan rehabilitas hutan di Wilayah Kabupaten Boalemo” Tandasnya.

Sumber: Humas

Editor: Wulan

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button