DAERAH

Tingkatkan Kemampuan di Lapangan, Dit Lantas Polda Gorontalo Gelar Latpraops Zebra Otanaha 2023

GORONTALO, Goinfo.id — Menjadi salah satu dari bagian proses manajerial pada setiap pelaksanaan operasi untuk menyamakan pola pikir dan cara bertindak serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel, Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Otanaha 2023 yang di selenggarakan di Aula Dit Lantas Polda Gorontalo, Rabu (30/08).

Pada pelaksanaan Latpraops dipimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M dengan didampingi oleh Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo Kombes Pol. Arief Budiman SH.SIK, serta dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Gorontalo dan para peserta pelatihan Latpraops Zebra Otanaha 2023.

Direktur Lalu Lintas dalam mengawali kegiatan ini menyampaikan bahwa sebelumnya pelaksanaan operasi Zebra Otanaha 2023 akan dilaksanakan serentak selama 14 hari mulai tanggal 4 September sampai dengan 17 September 2023 mendatang.

“Selama tahun 2023 Polda Gorontalo dan jajaran telah melakukan berbagai upaya serta langkah-langkah antisipatif dalam mencegah terjadinya pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas, peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum lalu lintas yang transparan dan humanis,” katanya.

Dikesempatan tersebut, Kapolda Gorontalo juga dalam arahannya menyampaikan bahwa dinamika lingkungan strategis pada tataran Global dan Regional senantiasa memberikan dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di satu sisi, kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari Globalisasi merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun di sisi lain fenomena ini justru melahirkan berbagi potensi gangguan Kamtibmas maupun Kamseltibcarlantas.

Lanjutnya, tidak lama lagi bangsa Indonesia akan menyongsong pesta demokrasi, Pemilu 2024 yang salah satu tahapan intinya akan dilaksanakan pada tahun ini, sehingga menjadi perhatian bersama dalam menyukseskan seluruh tahapan pemilu 2024.

“Untuk pemilu sendiri, tahapan Kampanye kita ketahui bersama bahwa partai dan calon anggota legislatif akan melakukan kegiatan-kegiatan yang menggunakan fasilitas umum, berupa Lapangan, Mall, dan tempat-tempat lainnya serta melakukan kegiatan konvoi atau pawai serta arak arakan di jalan umum. Sehingga hal ini dikhawatirkan akan berdampak pada gangguan Kamtibmas dan gangguan Kamseltibcarlantas,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, kata Kapolda, Polda Gorontalo akan menyelenggarakan kegiatan operasi kepolisian kewilayahan Zebra Otanaha 2023 di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo dengan mengedepankan fungsi lalu lintas baik di tingkat Polda maupun Polres jajaran yang di dukung tugas operasional kepolisian lainnya guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap tata tertib dan peraturan lalu lintas.

“Kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Latpraops ini, para peserta memperoleh gambaran tentang apa yang menjadi tugas pokoknya serta memahami langkah-langkah dalam pelaksanaan operasi, hingga pada akhirnya dapat mensukseskan penggelaran operasi Zebra Otanaha 2023,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button