ADVETORIALBOALEMODAERAH

Sekda Boalemo: Geopark Merupakan Temuan Baru Yang Harus Dijaga

BOALEMO, Goinfo.id — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Boalemo menggelar presentase awal hasil penelitian inventarisasi keragaman geologi dan warisan geologi di Geosite potential Geopark Gorontalo di Kawasan Kabupaten Boalemo, Senin (18/07/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Bappeda tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, MM., didampingi oleh Kepala Bappeda Boalemo, Srijun Tasman Dangkua, S.P, MM., serta dihadiri oleh Asisten II, dan para Pimpinan OPD.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga warisan geologi (Geoheritage) serta nilai-nilai didalamnya seperti nilai Arkeologi,Ekologi,Sejarah dan Budaya yang sangat berpeluang untuk diakumulasi kepada nilai jual pariwisata dan kearifan lokal Daerah sehingga berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Daerah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, MM., pada saat membuka kegiatan tersebut.

Kata Sherman, kajian ini sangatlah penting karena ini merupakan temuan baru yang ada di Kabupaten Boalemo.

“Kajian Geopark ini sangatlah dibutuhkan karena satu-satunya batu yang berusia berjuta tahun yang ada di Provinsi Gorontalo hanya ada di Kabupaten Boalemo. Geosite Gabro Ini akan menjadi wisata baru yang ada di Kabupaten Boalemo,”ungakpnya.

“Temuan baru ini memberikan infomasi bahwa di Daerah yang sama-sama kita cintai ini memiliki unsur-unsur terkemuka termasuk nilai arkeologi dan budaya yang ada didalamnya,”sambung Sherman.

Akhir kata dirinya mengatakan ini merupakan warisan alam yang berkelanjutan kita jaga.

“Temuan baru ini merupakan warisan alam yang harus kita jaga, oleh karena itu saya berharap kajian Geopark ini menjadi konsep wisata baru yang ada di Kabupaten Boalemo,”bebernya. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button