BOALEMODAERAHKESEHATAN

Posyandu Prima Dekatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Kotaraja

BOALEMO, https://goinfo.id Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, melaunching Posyandu Prima, yang ada di Desa Kotaraja, Kecamatan Dulupi.

Diketahui, Posyandu Prima yang ada di Desa Kotaraja, Kecamatan Dulupi, merupakan Posyandu Prima yang pertama kalinya diresmikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Nasional dikarenakan pada tahun 2023 Kementerian Kesehatan telah melakukan transformasi kesehatan ada 6 pilar termasuk transpormasi kesehatan primer.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Hj. Sutriyani Lumula, SST.,M.Kes., pada saat memberikan sambutan.

“Kesehatan Primer ini berada di Puskesmas dan jaringannya, pada kebijakan sebelumnya pelaksanaan kegiatan layanan kesehatan itu berada dibeberapa pos maka perubahan yang dilaksanakan pada hari ini menyatukan seluruh pos-pos yang ada. Melihat pelaksanaan kegiatan tidak maksimal dan makin membingungkan masyarakat sehingga tidak semua keluhan didapatkan secara maksimal maka konsep ini menyatukan seluruh pelayanan dengan tujuan untuk mendekatkan aksesbilitas pelayanan yang ada di tingkat masyarakat,”ucapnya.

Dikatakan Sutriyani, Layanan Posyandu Prima ini komperhensip konsep melayani siklus kehidupan manusia.

“Konsep melayani siklus kehidupan manusia ini entah dari pra konsepsi, pra sebelum melahirkan, atau masa remaja. Jadi di Posyandu prima ini sudah ada posyandu remaja untuk persiapan dia untuk menikah, ibu hamil, ibu melahirkan, bayi/balita, anak usia pra sekolah, sampai usia lansia ada di Posyandu Prima ini,”ujarnya.

Tak sampai disitu, ia mengungkapkan pihaknya merasa bahagia karena Dulupi ini merupakan Puskesmas yang pertama meresmikan Posyandu Prima ini.

“Tentunya ini merupakan suatu kebahagiaan kami dikarenakan Kecamatan Dulupi merupakan salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten Boalemo yang melakukan launching Posyandu Prima ini,”ungkapnya.

“Kegiatan ini kita awali dengan launching, setelah itu kita akan melakukan sosialisasi dan segala macam pendekatan dengan tokoh masyarakat, para kader, dikarenakan keterlibatan dari kader dan para dasawisma menyatu disini. Posyandu prima ini tidak hanya Bidan Desa dan Perawat tetapi perlu adanya keterlibatan para kade dan dasawisma untuk melihat sejauh mana sasaran masing-masing 10 rumah yang ada diwilayah oleh ketua Dasawista terdata, terlayani dan terjamin seluruh pelayanan kesehatan,”sambung Mantan Ketua IBI Kabupaten Boalemo.

Tak hanya itu, Kadis yang banyak memperoleh prestasi ini memberikan apresiasi kepada Kepala Puskesmas Dulupi, yang tak henti-hentinya berkoordinasi dengan kami (Dinkes_Red).

“Tentu dengan adanya tempat ini, yang masih dibilang sangat terbatas tetapi yang jelas proses pelayanan tidak boleh terhenti dan tidak boleh terbatasi dengan kekurangan yang ada dikita agar apapun yang dibutuhkan masyarakat dibidang kesehatan benar-benar termaksimalkan dengan baik”bebernya. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button