BOALEMODAERAH

Puskesmas Dulupi Tingkatkan Upaya Pencegahan Malaria dengan Lakukan Screening

BOALEMO (Dulupi), Goinfo.id Puskesmas Dulupi menghadapi tantangan serius dengan meningkatnya jumlah kasus Malaria dalam beberapa bulan terakhir. Petugas Malaria dan Surveilans bergerak cepat dengan melaksanakan screening dan pelacakan pada kontak erat serumah guna deteksi dini, bertujuan untuk mencegah penularan setempat. Pada Rabu, (22/11/2023).

Kepala Puskesmas Dulupi, Radmin Kamumu, S.KM., menegaskan urgensi langkah-langkah pencegahan ini. Dalam upaya memberantas penyebaran Malaria, pihaknya mengimbau secara khusus kepada masyarakat penambang yang baru datang dari wilayah pertambangan untuk segera memeriksakan diri di puskesmas.

“Deteksi dini kasus Malaria adalah kunci untuk mencegah penularan lebih lanjut. Kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya penambang yang baru tiba, untuk aktif memeriksakan diri dan mengikuti prosedur screening yang telah kami terapkan.”ucapnya.

Tak hanya itu, Kapus Radmin mengatakan Petugas Malaria dan Surveilans bekerja secara intensif melakukan screening dan pelacakan pada kontak erat serumah. Hal ini diharapkan dapat memutus rantai penularan Malaria di wilayah kerja Puskesmas Dulupi.

“Upaya penanggulangan tersebut juga didukung oleh edukasi kepada masyarakat, termasuk penekanan pada penggunaan kelambu berinsektisida dan langkah-langkah pencegahan pribadi lainnya”jelasnya.
Dituturkan Radmin, pihaknya berkomitmen untuk terus memantau perkembangan situasi dan mengambil langkah-langkah tambahan sesuai kebutuhan.

“Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit Malaria yang dapat mengancam keberlanjutan kesejahteraan wilayah ini”tandasnya

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button