NASIONAL

DPR RI Bahas Kerja Sama Dengan Parlemen Ukraina

JAKARTA, Goinfo.id Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan, DPR RI dan Parlemen Ukraina (Verkhovna Rada) sepakat memperkuat kerja sama bilateral, khususnya di bidang pertahanan dan keimigrasian antara Indonesia dan Ukraina. Hal itu mengemuka dalam kunjungan bilateral delegasi DPR RI ke Parlemen Ukraina, dalam rangka kunjungan balasan Parlemen Ukraina ke Indonesia.

Delegasi DPR RI diterima langsung Deputy Chairperson Verkhovna Rada, Olena Kondratiuk. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi, Anggota Komisi XI DPR RI Putri Anetta Komaruddin dan Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun.

Delegasi DPR RI mengadakan pertemuan dengan Pimpinan Parlemen Ukraina serta pertemuan dengan Inter-Parliamentary Friendship Group of Indonesia – Ukraine. Kedua Parlemen menekankan pentingnya peningkatan hubungan Indonesia – Ukraina di berbagai bidang. Dalam kesempatan tersebut, Azis juga menyampaikan hal terkait keimigrasian. Ia meminta kepada pimpinan Parlemen Ukraina agar pemerintah mereka dapat membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Indonesia-Ukraine memiliki hubungan bilateral yang baik dalam hal kerja sama pertahanan yang perlu terus ditingkatkan, juga dalam ekonomi agar defisit perdagangan dapat teratasi segera, dan juga bebas visa kunjungan untuk WNI, sebagaimana Indonesia membebaskan visa kepada Ukraine,” kata Azis. “Hal ini menjadi beberapa hal yang kami bahas secara intens dalam pertemuan dengan parlemen Ukraina,” imbuh politisi Partai Golkar itu.

Azis juga memuji pelaksanaan Pilkada di Ukraina. Menurutnya, Pilkada di Ukraina berlangsung sukses, meskipun digelar di tengah pandemi virus Covid-19. “Pemerintah Ukraina berhasil menjalankan Pilkada serentak secara nasional di 22 oblast (provinsi) di masa pandemi Covid-19. Suatu keberhasilan yang luar biasa dan menjadi optimisme bagi penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia pada bulan Desember nanti,” ungkap Azis.

Menurut Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu, Parlemen Ukraina menyambut baik kehadiran delegasi DPR RI. Parlemen Ukraina, sebut dia, memandang DPR sebagai mitra strategis dalam berbagai bidang. “Kehadiran DPR RI di Ukraina menjadi momentum penting dalam peningkatan kerja sama dalam situasi ketidakpastian geopolitik global. Kedua negara memiliki visi perdamaian yang serupa serta tantangan ekonomi yang merupa,” jelas Azis (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button