BOALEMODAERAH

Pemda Boalemo Persiapkan Acara Adat Penyambutan Penjagub Gorontalo

BOALEMO, Goinfo.id — Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo menggelar Rapat untuk menyambut kedatangan Penjabat Gubernur Provinsi yang baru serta rapat untuk ‘Mopotilungo’ Bupati Boalemo yang saat ini menjabat dan juga ‘Moloopu’ Penjabat Bupati Boalemo terpilih.

Kegiatan yang berlangsung diruang Vicon Kantor Bupati Boalemo dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, MM., didampingi oleh Asisten I, Ir. Hj. Roswita Novia Is. Manto, Kepala Dinas Pariwisata, Gerson Samin serta dihadiri oleh Staf Ahli, Pimpinan OPD dan juga Pemangku Adat Kabupaten Boalemo.

Saat diwawancarai usai rapat, pada Selasa (17/05/2022) Sekda Boalemo, Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, MM., menyampaikan digelarnya rapat hari ini bertujuan untuk menyambut seacara Adat ‘Mopotilolo’ Penjabat Gubernur Gorontalo yang baru, Dr. Ir. Hamka Hendra Noor, M.Si., di Kabupaten Boalemo.

“Karena ini perdana kedatangan Penjabat Gubernur Gorontalo, Dr. Ir. Hamka Hendra Noor, M.Si., ke Bumi Bertasbih harus mopodungga Adat lo Hulonthalo yaitu Mopotilolo,”ucapnya.

“Adat Mopotilolo ini memberikan makna dan arti sebagai kunjungan perdana di Negri Boalemo, sehingga ada etika dan adab Gorontalo yang diperlakukan kepada beliau sebagai pembesar Negri dalam hal ini Penjabat Gubernur. Sebelum beliau melangkah ke Daerah-daerah lain yang akan dikunjungi diwilayah Hukum Kabupaten Boalemo,”jelasnya.

Tak sampai disitu, Sekda Sherman berharap Kepada seluruh OPD menghadiri upacara Adat ini, karena setelahnya akan dilakukan tatap muka oleh Gubernur dan seluruh OPD yang ada di Kabupaten Boalemo.

“Setelah melakukan serangkaian upacara adat, akan dilakukan tatap muka oleh Gubernur dan seluruh ASN mengingat beliau merupakan Staf Ahli Mentri Pemuda dan Olahraga sehingga kami merencanakan adanya pembinaan kepada ASN diseluruh Pemda Boalemo,”ungkapnya.

Akhir kata dirinya menyampaikan, setalah acara penyambutan oleh Gubernur, pihaknya juga akan menyiapkan prosesi adat ‘Mopotulongo’ oleh Bupati Boalemo yang pada tanggal 22 Mei akan berakhir masa Jabatannya.

“Setelah pelaksanaan Adat Mopotilolo oleh Gubernur Gorontalo, kita kembali akan menyiapkan prosesi Adat Mopotulungo oleh Bupati Anas Jusuf, M.Si., yang akan berakhir masa Jabatannya, setelah itu, kita akan melaksanakan prosesi Adat Moloopu oleh Penjabat Bupati Boalemo yang nantinya akan memimpin Bumi Damai Bertasbih ini,”beber Sherman Moridu. (Red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button